[Movie] Wreck-It Ralph (2012)

Title : Wreck-It Ralph |  Year : 2012 | Genre : Comedy, Animation, Family | Cast: John C. Reilley, Jack McBrayer, Jane Lynch, Adam Carolla, Alan Tudyk, Mindy Kaling, Ed O’Neill, Joe Lo Truglio | Director : Rich MooreRate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Perayaan 30 tahun game Wreck-It Ralph segera digelar di dunia game. Ralph (John C. Reilly –The Dictator, Cyrus) yang menjadi karakter jahat di game tersebut mulai bosan dengan kehidupan sehari-harinya yang tak dihargai oleh karakter game lainnya, sesekali dia ingin menjadi seperti Felix Jr (Jack McBrayer –Despicable Me, Cats & Dogs: The Revenge of Kitty Galore ) sang jagoan. Ralph ingin mendobrak kebiasaannya, satu-satunya yang bisa membuat dia berubah adalah medali yang tak mungkin dia dapatkan dari gamenya sendiri. Diapun pergi ke game lain, Hero’s Duty. Diapun mulai mengambil medali kemenangan itu, semulus itukah perjuangan Ralph? Tentu tidak, dia malah ada dalam sebuah bahaya sekaligus petualangan seru bersama Vanellope (Sarah Silverman), pembalap buangan dari game Sugar Rush.

Sebagai orang yang beranjak dewasa di tahun 90-an pastinya saya merasakan excitement yang luar biasa akan film ini. Bagaimana tidak, hampir semua karakter game arcade yang biasa saya mainkan muncul satu persatu di layar lebar meski hanya sebagai cameo. Saya pribadi bukan gamer sejati, tapi jika disuruh mengingat karakter game tersebut paling tidak bisa tahu. Dari game arcade Street Fighter sampai Sonic-pun ada.

Bahkan, pada saat karakter favorit saya, Jendral Bison muncul saya hampir teriak kegirangan. Ya, hampir memalukan. Tapi itulah kesenangan tersendiri saat memori masa kecil kemudian tertuang apik di film ini. Wreck-It Ralph sendiri adalah game yang belum pernah saya mainkan.

Cerita Wreck-It Ralph ini mungkin tak begitu spesial, bahkan klise. Namun dengan eksekusi yang baik dengan elemen-elemen game yang disajikan lengkap membuat film ini layak saya berikan gelar “The Best Animation of the Year“.

I almost cried.[142/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s