[Movie] Life of Pi (2012)

Title : Life of Pi Year : 2012 | Genre : Adventure, Drama | Cast: Suraj Sharma, Irrfan Khan, Adil Hussain, Tabu, Vibish Sivakumar, Rafe Spall, Andrea Di Stefano, Shravanthi Sainath | Director : Ang LeeRate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Bagaimana saya harus memulai review Life of Pi ini?. Bagi saya, bagian tersulit setelah menonton film adalah membuat review tanpa bermaksud spoiler namun pembaca tetap paham apa yang kita tulis. Ada dua tipe film yang sulit untuk dibuat review yaitu film yang sangat buruk dan film yang sangat memuaskan. Dan Life of Pi adalah tipe film kedua. Ya, Ang Lee membuat film ini jauh lebih baik dari Avatar milik James Cameron secara visual tiga dimensi.

149. LifeofPicast

Berkisah tentang seorang India bernama Pi Patel (Suraj Sharma/Irrfan Khan/Ayush Tandon/Gautam Belur) yang sebenarnya hidup sederhana dengan kemapanan keluarganya di sebuah kota di India, Pondicherry. Keluarga Patel memiliki kebun binatang yang dikelola dengan baik. Masa kecil Pi adalah penentuan jati dirinya atas lingkungan dan agamanya. Dia dilahirkan sebagai Hindu yang kemudian mempelajari Kristen dan Islam secara bersamaan. Tujuannya sederhana, Dia ingin menjadi pribadi yang jauh lebih baik di mata Tuhan.

Ketika krisis ekonomi melanda India, keluarga Patel terpaksa menjual semua binatang di kebun binatangnya dan sekaligus memindahkannya ke Kanada. Dalam perjalanan di atas kapal besar itulah petualangan spiritual Pi yang ditemani Richard Parker, harimau Bengal dimulai.

Apa yang menarik dari kisah anak kecil/remaja Pi yang terlihat biasa saja di mata orang kebanyakan? Karakter Pi inilah sentral dari segala cerita yang tertuang dari novel yang kemudian ditranslasikan ke film berdurasi 2 jam ini. Saya belum membaca novelnya, namun dengan visualisasi yang sangat memanjakan mata ini saya sudah bisa membayangkan bahwa Yann Martel, penulis novelnya punya imajinasi tinggi, bahkan sangat tinggi. Di sisi cerita, bagi saya 2 jam film ini adalah penjabaran apa itu agama bagi Pi dan mungkin bagi kita semua yang menonton.

Komposisi cerita mendalam tentang spiritual terbalut rapih dan apik ditambah visualisasi tiga dimensi yang memukau adalah paket lengkap yang membuat Life of Pi adalah film yang tak cukup hanya sekali ditonton di layar lebar. I am practically speechless. The best 3D work I’ve ever seen.

“If you believe in everything, you will end up not believing in anything at all” – Santosh Patel.[149/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s