[Movie] 5cm. (2012)

158. 5cm

Title : 5cm. Year : 2012 | Genre : Comedy, Adventure | Cast: Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor ‘Saykoji’, Denny Sumargo, Raline Shah | Director : Rizal Mantovani |  Rate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Sekitar tahun 2008 saya diperkenalkan novel 5cm karya Donny Dhirgantoro oleh salah satu teman saya. Waktu itu alasan teman saya memperkenalkan 5cm adalah Padi, ada bait-bait lirik lagu Padi di dalam novel 5cm yang tentu saja sebagai SobatPadi saya harus membacanya. Setelah membeli dan membacanya, rupanya bukan hanya Padi yang menjadi daya tarik novel ini tapi lebih dari itu. Sebuah persahabatan manis yang dibalut kisah petualangan di gunung tertinggi di Jawa, Mahameru.

158. 5cmcap

Genta (Fedi Nuril – Ayat-Ayat Cinta, Janji Joni) merasa ‘lelah’ dengan lingkungan persahabatannya bersama Zafran (Herjunot Ali – Gara Gara Bola, Di Bawah Lindungan Ka’bah), Ian (Igor ‘Saykoji’), Arial (Denny Sumargo) dan Riani (Raline Shah) memutuskan ide gila, mereka berpisah sementara dan bersama-sama lagi dalam waktu 3 bulan kemudian. Jelas, ide gila itu disangkal semua sahabatnya. Namun tekad Genta untuk ‘memisahkan’ mereka malah makin kuat dan akhirnya ke-empat sahabat lainnya setuju. Bertemu 3 bulan lagi, 14 Agustus di sebuah tempat yang tak pernah mereka bayangkan ditambah Arinda (Pevita Pearce –Denias, Senandung Di Atas Awan, Dilema), adik Arial. Dari titik itulah mereka kembali memaknai persahabatan mereka, cinta mereka satu sama lain dan yang lebih luas cinta mereka terhadap tanah air.

Jika memang harus merasa dibandingkan dengan novel yang sudah saya baca sebelumnya, hampir semua inti cerita dari novelnya berhasil masuk dan ditranslasikan dengan baik ke dalam filmnya. Dari penggambaran karakter demi karakter, cerita pendakian sampai ke cerita cinta satu sama lain. Tak ada yang sempurna memang, tapi 5cm adalah karya terbaik yang diberikan Rizal Mantovani yang sudah lama absen memproduksi film berkualitas. Dan bagi saya, dari semua film yang ditranslasikan dari novel, 5cm adalah yang terbaik.

Meski tak semua benar-benar detail dan ada sedikit kecelakaan kecil di beberapa scene namun tak ada alasan untuk membenci film ini. 5cm adalah penggambaran dari Pancasila, 5 sila, 5 sahabat bersatu di titik tertinggi Jawa. [158/2012]

2 comments

  1. Yfais · December 24, 2012

    Film yg bagus….sangat menginspirasi… resensi yg tepat…

  2. Pingback: Indonesian Movies’s 2012: Year in Review « SO-CALLED REVIEWER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s