[Movie] Argo (2012)

164. Argo

Title : Argo Year : 2012 | Genre : Drama, History, Thriller | Cast: Ben Affleck, Bryan Cranston, Alan Arkin, John Goodman, Victor Garber, Tate Donovan, Clea DuVall, Scoot McNairy, Rory Cochrane, Christopher Denham, Kerry Bishe| Director : Ben Affleck Rate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Relovusi Iran tahun 1980-an menjadi sangat berbahaya bagi warga Amerika di Iran. Kedutaan besar Amerika di Iran mendadak dikepung oleh para demonstran yang menginginkan mantan pemimpin Iran dikembalikan ke Iran untuk diadili dan digantung karena telah menyebabkan Iran hancur. Dari seluruh warga Amerika di Iran ada 6 orang Amerika yang masih tersisa dan mereka hidup dalam ketakutan yang luar biasa. Di Amerika sendiri, Jack O’Donnel (Bryan Cranston – Breaking Bad, Rock of Ages) kepala CIA sedang mencari cara terbaik untuk mengeluarkan mereka dari Iran dan kembali ke Amerika dengan selamat. Adalah Tony Mendez (Ben Affleck –The Town, The Company Men), anggota CIA yang dekat dengan sutradara film Hollywod menawarkan ide gilanya demi menyelamatkan 6 warga Amerika yang tersandera oleh konflik abadi Amerika-Iran.

164. Argocaps

Sebenarnya tak ada ekspektasi apapun mengenai film ini, bahkan saya baru mendengar ada film Argo buatan Ben Affleck lewat media twitter beberapa bulan belakangan. Ben Affleck bisa dikatakan terbilang baru dalam men-direct film panjang. Baru tiga film dan semuanya adalah film-film berkualitas. The Town dan Gone Baby Gone adalah dua film panjang yang sebelumnya dibuat oleh Ben.

Kembali ke Argo. Apa yang diharapkan Ben dari kisah penuh intrik yang dirahasiakan oleh Amerika selama bertahun-tahun? Kebenaran? Atau Ben hanya ingin memperlihatkan gambaran yang terjadi dan memberikan pelajaran bagi orang awam tentang awal mula konflik abadi Amerika-Iran. Saya, sebagai penonton awam merasa diberi pencerahan tentang hal itu terlepas benar atau tidaknya.

Argo adalah pencapaian terbaik Ben Affleck selama menjabat sebagai sutradara, memang The Town punya thrilling suspense yang baik tapi Argo memiliki lebih. Pace dan script yang brilliant. Saya ikut merasakan ketegangan maksimal di 20 menit terakhir film ini, dan bagian terbaik di film ini memang ada di 20 menit terakhir itu. Memasukkan Argo sebagai Best Picture Drama di Globes 2013 adalah keputusan tepat para juri. Lagi-lagi, Argo bisa menjadi kuda hitam di ajang tahunan para wartawan film ini atau bahkan saat penganugerahan Oscar nanti.

This is what I called good movie with brilliant script and directing. Well done, Ben Affleck!.[164/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s