[Movie] Habibie & Ainun (2012)

162. Habibie&Ainun

Title : Habibie & Ainun Year : 2012 | Genre : Drama, Family, Musical | Cast: Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Ratna Riantiarno, Mike Lucock, Vita Mariana Barrazza, Bayu Oktora, Teuku Rifnu Wikana, Hanung Bramantyo, Henky Solaiman| Director : Faozal Rizal Rate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Kesederhanaan Rudi Habibie (Reza Rahadian – Emak Ingin Naik Haji, Dilema) membuat Ainun (Bunga Citra Lestari –Saus Kacang, Cinta Pertama) jatuh hati, padahal saat sekolah mereka tidak pernah bisa cocok. Habibie dan Ainun kemudian mulai menjalin kisah cinta, si cerdas Habibie mulai menjalankan karirnya di Jerman sedangkan Ainun yang seorang dokterpun terpaksa meninggalkan Indonesia demi mengikuti sang suami. Keharmonisan keluarga kecil itu diuji oleh beberapa halangan, namun cinta yang sederhana menyatukan mereka bahkan saat Habibie dimandatkan negara memerintah Indonesia, Ainun dengan tegas melindungi dan menjaga Habibie dari orang-orang yang ingin menghancurkannya.

162. Habibie&Ainuncap

Faozan Rizal mungkin memang sudah terbiasa mengolah gambar-gambar film, hasil kerja Faozan yang terakhir adalah Perahu Kertas. Kali ini, Faozan menjadi sutradara dan hasilnya tidak mengecewakan. Bahkan untuk ukuran sutradara baru Faozan membuat gambar-gambar Habibie & Ainun sangat nyaman di mata dan unsur klasik yang tepat.

Dari segi cerita, Habibie & Ainun memiliki script yang secara keseluruhan baik, apalagi cerita memang didasarkan dari buku autobiography karangan B.J Habibie sendiri. Menjadi sangat layak ditonton karena eksekusi dan penceritaan yang sederhana namun tepat sasaran. Bagi saya, Habibie & Ainun adalah film romantis terbaik tahun ini. Jika ada cela di film ini mungkin dengan sangat berat saya menuliskan ada pada Bunga Citra Lestari.

Bukan, bukan akting Bunga Citra Lestari yang buruk. Secara keseluruhan Bunga bermain cukup apik, namun saat Bunga memerankan peran Ainun di usia senja entah mengapa feel Ainun yang dia bawakan saat dewasa mendadak hilang dan tak bisa menyatu dengan dirinya sendiri. Kalau Reza Rahadian jangan ditanya, dia adalah aktor terbaik Indonesia tahun ini. Peran-peran yang dia ambil adalah peran-peran yang mungkin mudah, namun jika tidak diperankan dengan sepenuh hati hasilnya akan beda.

Reza seperti menyatu dengan karakter Habibie itu sendiri, sangat menyayangkan orang-orang yang malah mentertawari akting/ekspesi muka dia saat memerankan Habibie. Hey, dia bukan sedang memerankan tokoh komedi namun dia memerankan sosok penting di Negeri ini.

Habibie & Ainun menutup tahun 2012 sebagai tahun penuh film-film Indonesia berkualitas. Selamat dan semoga berlanjut di tahun-tahun berikutnya!.[162/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s