[Movie] Upside Down (2012)

172. UpsideDown

Title : Upside Down  Year : 2012 | Genre : Drama, Romance, SciFi | Cast: Kristen Dunst, Jim Strugess, Neil Napier, Jamie Kidnie, Holly O’Brien, Vincent Messina, Timothy Spall | Director : Juan Diego Solanas Rate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Dua dunia yang berbeda dengan gravitasi yang berbeda pula membedakan dua jenis manusia. Manusia di dunia bawah yang dipenuhi oleh para pekerja kasar, berandalan dan wanita-wanita tua sedangkan manusia di dunia atas adalah dunia penuh harapan, pekerjaan yang layak, penghidupan yang jauh lebih baik. Tapi bagi Adam (Jim Sturgess –21, Across the Universe) manusia dari dunia bawah, dunia atas berarti baginya karena ada Eden (Kirsten Dunst –Spider-Man, Jumanji) gadis yang dia temui saat umur 10 tahun dan kemudian menjadi sepasang kekasih. Perpisahan mereka terjadi saat kejadian tertembaknya Eden oleh pihak dunia bawah. Dari situlah Adam tak pernah bertemu dengan Eden hingga Adam bekerja di sebuah perusahaan multinasional yang menghubungkan dua dunia tersebut, bertemu kembali dengan Eden yang sudah lupa akan masa lalunya. Adam berjuang demi ingatan Eden kembali, merajut cinta sejati lagi.

172. UpsideDowncap

Presentasi visual film scifi adalah harga mati. Jika visualnya sudah buruk maka the rest of the movie pastinya akan susah disaksikan. Upside Down memiliki presentasi visual yang luar baisa bagus kemudian ditambah premise cerita yang menarik. Sayang, eksekusi penceritaan menjadi sangat datar dan terbilang buruk. Padahal, jika semuanya berkolaborasi dengan baik maka bisa dibilang Upside Down adalah film scifi /romance yang layak untuk disandingkan dengan film-film besar tahun ini.

Saya menyukai akting Jim Strugess sejak di Across the Universe dan 21. Dia adalah aktor berkebangsaan Inggris yang mampu berperan sesuai karakter yang diberikan tanpa harus memaksakan aksen Amerika yang jelas. Ada aksen british dia yang masih melekat namun itulah sisi terbaik dari Jim. Begitu juga dengan Dunst yang bermain cukup rapih di film ini.

Despite poor executed story. Upside Down giving a stunning visualization and good premise. One of enjoyable scifi/romance movie this year.[172/2012]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s