[Movie] Cloud Atlas (2012)

182. CloudAtlas

Title : Cloud Atlas Year : 2012 | Genre : Drama, Mystery, SciFi | Cast : Tom Hanks, Halle Berry, Jim Broadbent, Hugo Weaving, Jim Strugess, Doona Bae, Ben Wishaw, Keith David, James D’ Arcy, Xun Zhou, David Gyasi, Susan Sarandon, Hugh Grant, Robert Fyfe, Martin Wuttke | Director : Tom Tykwer, Andy Wachowski, Lana Wachowski Rate :

[Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler]

Sejumlah timeline yang menarik garis merah yang sama. Sebuah pengorbanan hidup, pencarian cinta sejati sampai pertarungan untuk mempertahankan apa yang mereka sebut cinta. Inilah kisah-kisah heroik dari beberapa tokoh lintas jaman yang menyatu dalam rangkaian bernama Cloud Atlas. Dari tahun 1849 sampai masa depan yang tak terdeteksi tahun-nya masalah dasar manusia itu sama namun cara penyelesaiannya yang mungkin berbeda. Di sinilah Cloud Atlas memberikan jawaban atas pertanyaan dari masalah-masalah dasar itu.

CLOUD ATLAS

Saya kebosanan menonton Cloud Atlas, alasan pertama adalah durasi. Memang sebagai sebuah rangkaian film (atau bisa kita sebut Omnibus?) yang memiliki berbagai cerita dan plot mungkin 2 jam 53 menit waktu yang cukup untuk menjabarkan semua hal yang ada di film ini. Namun, tetap bagi saya itu terlalu panjang untuk sebuah masalah dasar manusia. Alasan kedua adalah menemukan beberapa plot hole yang menyebabkan film ini akhirnya hanya sebagai film SciFi drama yang terlihat pintar dalam kemasan namun lemah dalam pengeksekusian.

Jujur, saya cukup tertipu dengan trailer yang supermegah dan super-bikin-penasaran. Tapi setelah menonton Cloud Atlas dari awal hingga akhir saya tidak menemukan feel film SciFi drama yang biasa dibuat oleh sineas Hollywood lainnya. Saya mengatakan bahwa Cloud Atlas bukanlah film yang buruk, tapi film yang susah untuk dinikmati oleh penonton awam macam saya. Mungkin jika anda adalah pengamat film/pecinta film dengan cerita yang rumit maka Cloud Atlas adalah film yang tepat untuk anda.

Banyak yang mengatakan bahwa Cloud Atlas bisa dinikmati oleh orang-orang pintar. Ya, mungkin saya belum cukup pintar untuk bisa memahami maksud sebenarnya dari penulis Cloud Atlas ini. Meski ada beberapa bagian yang menurut saya masih bisa dinikmati. Yang saya apresiasi dari Cloud Atlas adalah bagian make-up yang benar-benar bekerja luar biasa hingga saya terkadang pangling dengan beberapa aktor yang memerankan karakter di film ini. [182/2012]

One comment

  1. Gundala Gundul · April 9, 2013

    Seumur hidup saya baru menonton film selama dua jam lebih tapi belum bisa memenuhi kedahagaan saya, sampai detik terakhir saya berharap film ini ada kelanjutannya, mungkin benar otak idiot Anda tentu belum bisa memahami film ini.

Leave a Reply

