[Movie] Dead Mine (2013)

002. DeadMine
Title : Dead Mine | Year : 2013 | Genre : Action, Horror | Cast : Joe Taslim, Sam Hazeldine, Miki Mizuno, Les Loveday, James Taenaka, Mike Lewis, Ario Bayu, Carmen Soo, Jaitov Tigor | Director : Steven Sheil| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Geliat film Indonesia sedang dalam masa puncaknya. Aktor-aktor Indonesia mulai dikenal dunia dan tak salah jika mereka akhirnya menjajal kemampuan aktingnya di level yang lebih tinggi. Ario Bayu, Joe Taslim, Jaitov Tigor dan Mike Lewis akhirnya memiliki kesempatan untuk bermain dalam film internasional pertama mereka. Meski sebenarnya film ini masih diproduksi di kawasan Asia Tenggara, Indonesia dan Singapura. Awalnya Dead Mine diperuntukkan untuk konsumsi televisi cable –dari berita yang pernah saya tahu. Namun kemudian berubah menjadi layar lebar dengan alasan televisi cable tidak semua orang bisa menikmatinya, apalagi HBO yang termasuk saluran premium. Maka keputusan untuk merubah jalur Dead Mine dari Film Televisi ke Film layar lebar adalah keputusan yang (mungkin saja) tepat.

002. DeadMinecap

Adalah Price (Les Loveday) seorang milyarder yang membiayai sebuah misi khusus ke pedalaman Sulawesi untuk mencari sebuah tambang yang sudah tak beroperasi. Price dan Su-Ling (Carmen Soo) kekasihnya meminta bantuan Rie (Miki Mizuno) dan Stanley (Sam Hazeldine) untuk membantu dia. Stanley menyewa komplotan penjaga keamanan yang tangguh dari Indonesia Tino Prawa (Ario Bayu –Catatan Harian Si Boy, Kala), Ario (Mike Lewis), Djoko (Joe Taslim –The Raid: Redemption) dan Papa Ular ( Jaitov Tigor). Delapan orang dalam sebuah misi yang awalnya berjalan mulus menjadi sebuah tragedi yang mengenaskan. Rahasia terbesar dari tahun 1945 terbuka di dalam tambang yang mencekam dan mematikan.

Saya bukanlah pecinta film horror. Bahkan jika dihitung dengan jari ini adalah film horror keempat yang saya tonton di bioskop. Saya tertipu dengan trailer yang menggambarkan film ini sebagai film aksi, untung saja Dead Mine menutupinya dengan konsep art dan visualisasi a la Hollywood yang bagus. Set dan cinematography-nya bisa disejajarkan dengan film Hollywood. Mungkin karena para kru yang kebanyakan sudah menangani Film/Film Televisi Amerika. Terlepas dari banyaknya pause dialog moment (istilah yang saya buat sendiri), Dead Mine bisa membawakan thriller dan horror secara baik dengan tingkat ketegangan di atas rata-rata. Sesekali menutup mata saat mahluk kombinasi Bane, Frankenstein, Hannibal Lecter dan Zombie ini muncul. Seram.

Aktor-aktor Indonesia di film ini mungkin seperti tempelan cerita belaka, namun mereka menunjukkan keseriusan akting, khususnya Joe Taslim yang bermain cukup dramatis di film ini. Aksen Ario Bayu juga sesuai dengan latar belakang karakter yang dia mainkan. Untung saja Jaitov Tigor hanya mendapatkan dialog pendek. [002/2013]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s