[Movie] Amour (2012)

004. Amour
Title : Amour | Year : 2012 | Genre : Drama, Romance | Cast : Jean-Louis Trintignant, Emmanuelle Riva, Isabelle Huppert, Alexandre Tharaud, William Shimell | Director : Michael Haneke| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Jika ada satu film yang mampu menguras emosi sekaligus mengeringkan perasaan terdalam sebelum Amour atau bahkan sesudah Amour maka mungkin saya akan mencoba menghindari untuk menontonnya. Ada perasaan yang mendadak miris, kering bahkan air mata mungkin tak mampu mengartikan apa yang sebenarnya terjadi pada film ini. Pada awalnya saya berusaha untuk tidak mengikuti arus timeline Twitter saat Amour ditayangkan di beberapa komunitas film di Jakarta. Namun, setelah pada akhirnya saya menyaksikan sendiri bagaimana Amour bisa membuat saya gamang maka berhasilah saya ikut arus timeline. Saya mencintai Cinta (Amour).

004. Amourcap

Bercerita tentang kegigihan sepasang suami-istri dalam rentan hidup mereka yang kemudian menjadi sangat dilematis saat mencapai umur yang sudah lanjut. Georges (Jean-Louis Trintignant) harus mengambil sikap atas penderitaan Anne (Emmanuelle Riva) sang istri dari sakit yang dideritanya. Keputusan Georges adalah keputusan tersulit bagi para suami di seluruh dunia, membahagiakan bukan sekedar membuat pasangan tersenyum tapi lebih dari itu.

Saya hampir tak bisa memberikan ulasan film ini. Intinya ini film yang indah dengan ending yang menjengkelkan. Saya kehabisan kata-kata untuk ending film ini. Haneke sudah membuat saya “mati rasa” di Funny Games, sekarang membuat saya kembali “mati rasa” di film ini.[004/2013]

Leave a Reply

