[Movie] Gending Sriwijaya (2013)

007. GendingSriwijaya
Title : Gending Sriwijaya | Year : 2013 | Genre : Drama, Thriller, History| Cast : Slamet Rahardjo, Agus Kuncoro, Sahrul Gunawan, Hafsary Thanial Dinoto, Mathias Muchus, Julia Perez, Oim Ibrahim, Jajang C Noer, Rifnu Wikana, Oim Ibrahim, Qausar Harta Yudana, Yati Surachman  | Director : Hanung Bramantyo| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Ada dua excitement di film ini sebelum rilis : Film Kolosal dan Julia Perez. Saya merindukan film kolosal sejak film Saur Sepuh mampu menghipnotis saya tentang kemegahan sebuah film epic dengan cerita rakyat dan legenda yang baik. Setelah lama absen kini Hanung Bramantyo memulai film kolosal dengan setting kerajaan Sriwijaya. Saya penasaran, apalagi setelah melihat trailernya yang cukup menjanjikan.

007. GendingSriwijayacap

3 abad setelah kerajaan Sriwijaya runtuh dan gejolak politik kerajaan-kerajaan kecil mulai menyeruak, ada sebuah kedatuan (semacam kerajaan kecil) bernama Bukit Jerai yang dipimpin oleh Dapunta Hyang Mahawangsa (Slamet Rahardjo –Dilema, Badai Pasti Berlalu) dengan permaisurinya Ratu Kalimanyang (Jajang C Noer –Cinta Tapi Beda, Arisan!). Mereka memiliki dua putera: Awang Kencana (Agus Kuncoro –Tanda Tanya, Tendangan Dari Langit) dan Purnama Kelana (Sahrul Gunawan). Dapunta lengser, Purnama menggantikannya. Awang kecewa kemudian terjadi gejolak internal kerajaan. Ditambah Ki Goblek (Mathias Muchus –Laskar Pelangi, Sang Pengejar Angin), pimpinan perompak yang meresahkan kerajaan mengincar semua anggota kerajaan demi sebuah masa lalu. Ada Malini (Julia Perez) anak Ki Goblek yang punya semangat yang sama untuk menjatuhkan kedatuan korup pimpinan Dapunta.

Gending Sriwijaya tidak begitu buruk meski juga tidak terlalu istimewa, tapi ukuran bagi saya untuk bisa mengatakan bahwa sebuah film itu berhasil adalah saat menonton saya tidak kebosanan atau mengantuk. Gending Sriwijaya berhasil melewati tahapan itu. Saya tidak merasa kebosanan dan tidak mengantuk sedikitpun. Mungkin faktor Julia Perez. Mengenai kebenaran sejarah di film ini saya juga tidak terlalu memusingkan, toh ini film yang tugasnya hanya menghibur saja. Apalagi memang ini ditulis oleh Hanung sendiri yang mungkin memiliki intepretasi lain tentang keadaan sebuah kerajaan jaman dulu. Selain Julia Perez yang memang bermain apik, saya salut atas akting Agus Kuncoro yang membaik di setiap filmnya, penampilan dia di Gending Sriwijaya adalah yang terbaik dari dia yang pernah saya saksikan. Gila!.

Saya mendadak optimis akan kelangsungan film kolosal berikutnya setelah melihat Gending Sriwijaya berhasil saya nikmati. Semoga saja.[007/2013]

2 comments

  1. keyla karen · January 19, 2013

    Denger ceritonyo macem seru nian..!! Jadi rindu dengan kampung yang jauh di mato..

  2. Pingback: Catatan Film Indonesia 2013 | SO-CALLED REVIEWER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s