[Movie] Les Misérables (2012)

009. LesMiserables
Title : Les Misérables | Year : 2012 | Genre : Musical, Drama, Romance | Cast : Hugh Jackman, Russell Crowe, Anne Hathaway, Amanda Seyfried, Sacha Baron Cohen, Helena Bonham Carter, Eddie Redmayne, Aaron Tveit, Samantha Barks, Daniel Huttlestone, Isabelle Allen, Natalya Angel Wallace | Director : Tom Hooper| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Desember kemarin adalah Desember Musikal buat saya, setiap weekend saya mencoba menonton beberapa film musikal klasik dari rekomendari teman-teman di twitter. Hasilnya, saya makin ingin mendalami film-film bergenre ini. Mencintai musik dan mencintai drama di dalamnya. Satu yang tertinggal adalah Les Misérables versi manapun. Mungkin suatu hari saya akan menonton versi lainnya. Les Misérables versi 2012 ini saya tonton di bioskop kemarin dengan tanpa ekspektasi sedikitpun meski film ini merain Best Picture – Musical/Comedy di ajang Golden Globes 2013. Alasannya simple: Bioskop, 2.5 jam, Musikal, pasti membosankan. Awalnya.

009. LesMiserablescap

Menit-menit awal dari sebuah film adalah penentuan, jika di awal saja sudah membosankan biasanya sepanjang film akan berjalan membosankan juga. Les Misérables membukanya dengan amat sangat baik, kemudian scene demi scene seolah-olah mengalir mengikuti alunan lagu di filmnya, konflik mulai bermunculan, emosi pemain mulai naik dan semuanya berakhir dengan sempurna. Saya salah, ekspektasi saya yang rendah langsung terbayar lunas oleh penampilan terbaik dari semua pemain, bahkan para figurannya.

Les Misérables jelas di atas ekspektasi saya. Film ini indah, mengesankan dengan gambar-gambar yang bagus serta megah. Tom Hooper mampu menampilkan shoot-shoot yang bagus. Saya serasa ingin ikut dalam filmnya, berjalan menyelusuri Perancis saat itu dengan bangunan-bangunan historis meski sedang bergejolak karena Revolusi. Mungkin yang cukup menjadi perhatian adalah Russell Crowe yang “dipaksa” bernyanyi di film ini. Tak begitu buruk namun susah untuk bisa dinikmati. Untung saja memang karakter Crowe yang jahat bisa dia sesuaikan dengan ekspresi wajah dan gesturenya.

Best performance : I Dreamed A Dream by Anne Hathaway, Castle On A Cloud by Isabelle Allen, Look Down by Daniel Huttlestone. Brilliant.

A very stunning and an incredible musical I ever seen.[009/2013]

Leave a Reply

