[Movie] Perahu Kertas 2 (2012)

011. PerahuKertas2
Title : Perahu Kertas 2 | Year : 2012 | Genre : Drama, Romance | Cast : Maudy Ayunda, Adipati Dolken, Reza Rahadian, Tio Pakusadewo, Agust Melazt, Ira Wibowo, Elyzia Mulachela, Kimberly Ryder, Kevin Julio, Ben Kasyafani, Afiqah Ibrahim, Sharena, Fauzan Smith, Sylvia Fully R, Qausar HY| Director : Hanung Bramantyo| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Berselang tahun, Kugy (Maudy Ayunda –Malaikat Juga Tahu, Untuk Rena) dan Keenan (Adipati Dolken –Malaikat Juga Tahu) bertemu dipernikahan Noni (Sylvia Fully R) dan Eko (Fauzan Smith). Mereka kembali membuka lembaran kisah mereka lagi dengan cerita lain. Kugy sudah memilih Remi (Reza Rahadian –Habibie & Ainun, Test Pack: You’re My Baby) dan Keenan memilih Luhde (Elyzia Mulachela). Namun siapa yang bisa menolak perasaan yang timbul dari hati. Kugy dan Keenan seolah-olah denial dengan pilihan hidupnya kemudian dibangkitkan lagi oleh kisah-kisah dan cerita-cerita mereka tentang impian mereka. Tak butuh waktu yang lama untuk membuat mereka sadar bahwa pilihan mereka salah. Kini mereka harus berusaha keras untuk kembali memilih apa yang ingin mereka pilih.

011. PerahuKertas2cap

Sekuel atau lanjutan dari film pertama yang digadang-gadang mampu memancing emosional penonton dengan penutupan kisah antara Kugy dan Keenan ini bisa dibilang gagal. Bukan sebagai film drama yang tak memiliki emosional dan keterikatannya dengan para pemain namun transformasi karakter yang seharusnya lebih dewasa dan mature malah terbalik. Di film keduanya ini Kugy dan Keenan malah berbalik menjadi anak abege yang annoying, selfless dan jauh dari kesan film pertama yang lebih tenang dan mandiri.

Dengan penceritaan yang terkesan dangkal dan dipaksakan, Perahu Kertas 2 jelas menurun secara kualitas cerita ketimbang film pendahulunya, yang masih baik dari sekuel ini adalah soundtrack yang memang manis. Selebihnya saya seperti menonton FTV yang biasa Reza Rahadian mainkan di televisi. Cukup kecewa mengingat saya sangat mencintai novel Perahu Kertas milik Dee ini. Tak ada yang disalahkan, karena menterjemahkan novel ke dalam sebuah film adalah tugas berat, menanggalkan idealisme demi komersialitas. Perahu Kertas 2 ini buktinya, seperti mengalah pada keinginan pasar yang menginginkan drama dengan konflik cliche.[011/2013]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s