[Movie] Sang Pialang (2013)

012. SangPialang
Title : Sang Pialang | Year : 2013 | Genre : Drama | Cast : Abimana Aryasatya, Christian Sugiono, Kamidia Radisti, Kamidia Radisti, Pierre Gruno, Slamet Rahardjo, Mario Irwinsyah, Alben Filindo, Ferry Salim, Lukman Sardi, Meriza Febriani, Tio Pakusadewo| Director : Asad Amar| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Sineas Indonesia sebenarnya tak pernah kering ide untuk menghadirkan karya baru dengan genre yang belum pernah dicoba namun sayang penonton Indonesia kebanyakan memang masih amat sangat mainstream. Film dengan tema berat seolah-olah hanya sekedar pengisi bioskop semata kemudian dilupakan begitu saja. Prihatin memang, tapi penontonpun tak salah atas selera mereka, sineaspun juga tak salah jika menghadirkan cerita mainstream karena jualannya bakal laku. Sang Pialang adalah one of the rare genre from Indonesian movie, tak ada yang menyangka bahwa drama ala Wall Street dan Margin Call bisa tersaji sederhana, tak terlalu berat dan cenderung menarik.

012. SangPialangcap

Kisah lima sahabat yang berkutat di bidang yang sama : Pasar saham. Mahesa (Abimana Aryasatya –#republiktwitter, Catatan Harian Si Boy), pialang jujur dan membumi yang berusaha keras meyakinkan sang ayah, Pak Hadi (Slamet Rahardjo –Badai Pasti Berlalu, Dilema) untuk berinvestasi di perusahaan sekuritas yang dia geluti. Ada juga Kevin (Christian Sugiono –Dunia Tanpa Koma, Jomblo), ambisius dan mau melakukan apapun demi kepentingan pribadinya termasuk merebut cinta Analea (Kamidia Radisti –The Tarix Jabrix 3) dari Mahesa dan dua sahabat yang sebenarnya tidak begitu penting di film ini tapi hanya menyeimbangkan drama agar tak terlalu berat Irfan (Mario Irwinsyah –Negeri 5 Menara, Sang Pencerah) dan Gilang (Alben Filindo). Cerita ada di Mahesa dan Kevin, mereka bersahabat kemudian intrik terjadi di antara mereka di persahabatan dan pekerjaan.

Dengan kapasitas cerita yang sederhana dan tak terlalu berat membuat Sang Pialang mudah dicerna untuk orang awam seperti saya dalam memahami dunia sang pialang, karakter-karakternya menonjol dengan kekhasan masing-masing, mungkin yang menjadi ganjalan adalah bagaimana ekspresi Christian Sugiono yang belum bisa berakting sebagai antagonis secara total. Opening title yang terkesan norak juga adalah cela kecil di film ini, selebihnya saya memakluminya.

Bagi saya, Sang Pialang adalah Margin Call versi portable, ceritanya sederhana dengan konflik seadanya tapi tetap natural dan kemudian dieksekusi dengan baik, pas tak berlebihan.[012/2013]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s