[Movie] 3SUM (2013)

014. 3SUM
Title : 3SUM | Year : 2013 | Genre : Thriller, Drama, Action| Cast : Winky Wiryawan, Alien Adita, Joko Anwar, Natalius Chendana, Dimas Agroebie, Hannah Al Rashid, Gesatta Stella | Director : William Chandra, Andri Chung, Witra Asliga| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Tren Omnibus yang mampu membius penonton film Indonesia akhir-akhir ini bisa jadi adalah sebuah alternative bagi para sineas untuk membuat film yang sesuai dengan idealisme mereka sendiri. Tak melulu mementingkan cerita yang berdurasi panjang namun penyampaian pesannya sampai. Adalah William Chandra, Andri Chung dan Witra Asliga memulai debut penyutradaraan film omnibus secara bersama-sama dalam 3SUM. Tiga kisah dengan tiga genre yang berbeda. Thriller, Drama dan Action.

014. 3SUMcap

3SUM dibuka dengan Insomnights. Monty (Winky Wiryawan –Badai Pasti Berlalu, Sehidup (Tak) Semati) lelaki dewasa yang memiliki penyakit insomnia akut mencari apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya, lingkungannya, kekasihnya bahkan ibunya. Genre thriller yang dipadukan dengan sedikit horror membuat pembuka film ini cukup menarik. Meski sebenarnya ada sisi editing di cerita ini yang terkesan kasar dan berakhir dengan biasa, Insomnights mempunyai warna film yang bagus dengan konsistensi yang tetap terjaga dari awal hingga akhir cerita.

Rawa Kucing adalah film kedua. Dari ketiga film di omnibus ini, Rawa Kucing memiliki tingkat yang lebih baik dari sisi penokohan. Ayin (Aline Adita) diperankan dengan baik oleh Aline Adita dengan keberaniannya. Meski entah mengapa ada beberapa bagian di film ini yang terkesan ‘sepi’ padahal karakternya bisa dikatagorikan ramai ketimbang dua cerita lain. Ceritanya sendiri tentang Ayin yang mendadak dicintai oleh Welly (Natalius Chendana), pemuda tuna rungu tepat di malam ulang tahunnya. Kisah cinta mereka tercipta dari detik mereka bertemu.

Yang terakhir, Impromptu. Di sini penonton tak diberikan banyak gambaran cerita. Intinya sebuah negara dengan tingkat korupsi luar biasa dan tingkat kriminalitas yang juga luar biasa. Tak ada yang sanggup membuat negara itu aman hingga kita tak pernah tahu siapa lawan dan kawan.

Secara keseluruhan 3SUM dibuat dengan idealisme yang baik, pencapaian cerita yang maksimal namun dieksekusi dengan sangat payah. Editing, scene, dialog yang terkesan ‘sepi’ membuat 3SUM hanya sebatas film omnibus dengan kekuatan dicerita saja. Sayang sekali, padahal jika dikerjakan dengan jauh lebih serius (mungkin?) maka bisa saja 3SUM menjadi film omnibus dengan genre yang berbeda dan makin menarik dari yang sudah ada.[014/2013]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s