[Movie] Keumala (2012)

017. Keumala
Title : Keumala | Year : 2012 | Genre : Drama| Cast : Nadia Vega, Abimana Ariasatya, Shilla Vaqa Ismi, Cut Yanti, Artur GP, Islamuddin, Mahdi SPN, Syeh Jakaria | Director : Andhy Pulung| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Dalam sebuah kapal penumpang yang membawa Keumala (Nadia Vega), Langit (Abimana Aryasatya –Catatan Harian si Boy, Sang Pialang) dan Inong (Shilla Vaqa Ismi) ke ujung barat Indonesia. Mereka bertiga membawa cerita dalam kehidupan mereka masing-masing. Keumala yang divonis menderita penyakit keturunan yang bisa menyebabkan kebutaan, Langit yang seorang fotografer mencoba menyembuhkan masa lalunya dengan hobi barunya memotret kehidupan anak-anak pulau dan Inong, anak kecil yang penuh semangat demi menemukan Ibunya yang tersapu tsunami. Keumala dan Langit saling bercerita tentang rapuhnya hidup. Inong penengahnya. Keumala yang pesimis dan Langit yang mencoba optimis bersinggungan dalam hati kecil mereka yang disebut cinta.

017. Keumalacap

Keumala bukan hanya gambaran mengenai kehidupan masyarakat yang terlupa oleh bangsa namun juga merupakan representasi puitis dari setiap dialog dan scene. Nadia Vega dan Abimana men-deliver peran mereka dengan baik meski terkadang ada cela di beberapa titik. Namun secara keseluruhan mereka memberikan lebih dari apa yang sudah mereka berikan sebelumnya, terutama Nadia Vega.

Dengan kemasan kelam dan drama, Keumala menjelma menjadi film anti-mainstream yang jelas jarang disukai oleh para penonton film Indonesia yang terbilang medioker. Sayapun sebenarnya tak begitu menyukai Keumala, tapi saya mencintai keindahan kata dan gambar di film ini dan bagi saya itu sudah cukup untuk menikmatinya.[017/2013]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s