[Movie] Oz the Great and Powerful (2013)

023. Oz
Title : Oz the Great and Powerful | Year : 2013 | Genre : Adventure, Family, Fantasy| Cast : James Franco, Mila Kunis, Rachel Weisz, Michelle Williams, Zach Braff, Bill Cobbs, Tony Cox, Joey King, Stephen R. Hart, Abigail Spencer, Bruce Campbell | Director : Sam Raimi| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Film adaptasi dari karya besar L. Frank Baum ini sudah ada dalam semua bentuk. Dari film layar lebar sampai film televisi, bahkan dari Broadway sampai animasi. Apa sebenarnya kekuatan terbesar dari cerita Oz ini? Bagi saya sendiri, Oz memberikan semua hal tentang kebaikan dan positive thinking dari manusia yang percaya bahwa kekuatan berasal dari diri sendiri tanpa disadari. Saya belum pernah sama sekali menonton seri The Wizard of Oz sebelumnya, bahkan sebenarnya saya tidak tahu cerita inti dari buku legendaris ini. Kemudian muncul Oz the Great and Powerful, menyaksikan trailernya saya sudah merasa tertarik untuk menontonnya.

Oz the Great and Powerful

Oz the Great and Powerful adalah bagian dari buku Wizard of Oz yang menceritakan tentang petualangan awal Oscar atau biasa disebut Oz (James Franco –Milk, Rise of the Planet of the Apes) penyihir penipu kelas kakap yang menipu banyak orang melalui sulap picisannya di karnaval kota. Manusia yang tak bertanggung jawab dan cenderung egois itu kemudian meninggalkan karnaval karena dikejar-kejar oleh algojo sirkus. Menaiki balon terbang hingga dia mendarat di sebuah tanah indah dan berwarna. Bertemu dengan Theodora (Mila Kunis –Ted, Friends With Benefits), penyihir cantik yang membawa Oz ke sisi dunia yang belum pernah dia lihat sebelumnya. The Land of Oz. Theodora menceritakan kerajaan Oz di kota Emerald yang carut marut karena adanya penyihir jahat. Dia dan kakaknya Evanora (Rachel Weisz –Constantine, The Mummy) menunggu ramalah dari raja yang sudah tiada itu terbukti bahwa akan ada penyihir hebat yang jatuh dari langit dan akan menyelamatkan Oz dari kesengsaraan dan permusuhan. Oz yang egois jelas terkejut dengan keanehan itu, dia mencoba menghindar namun tak bisa. Apalagi saat dia bertemu Glinda (Michelle Williams –My Weeks With Marilyn, Shutter Island), penyihir yang menyingkap rahasia sebenarnya dari Oz.

Kisah klasik nan sederhana ini dibangun dari chemistry yang baik, warna-warna indah dan pemandangan ala Oz yang menakjubkan. Menonton Oz dengan teknologi 3D adalah pilihan tepat, apalagi Sam Raimi sang sutradara pandai betul memanjakan mata penonton dengan visual-visual yang luar biasa indah. Tak perlu memperhatikan ceritanya yang sudah jelas tertebak alurnya, nikmati saja keindahan Oz dan segala keanehannya. Anda akan terbuai, sama halnya saya terbuai akan keindahan Oz.[023/2013]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s