[Movie] Madre (2013)

026. Madre
Title : Madre | Year : 2013 | Genre : Drama| Cast : Vino G Bastian, Laura Basuki, Didi Petet, Titi Qadarsih, Savitri Nooringhati, Gatot W Dwiyono, Lisa H Pandansari, Framly Nainggolan, Gangsar Sukrisno, R Chaeruli | Director : Benni Setiawan| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Saya pernah menulis di blog ini tentang Madre : Jika Madre dituangkan ke dalam sebuah film maka akan menjadi sebuah karya yang luar biasa bagus –-tentu saja diimbangi dengan akting para aktor nantinya. Tulisan singkat tentang ulasan buku Madre karya Dewi ‘Dee’ Lestari ini memang menggelitik untuk saya sendiri. Berharap sesuatu yang terlalu tinggi untuk cerita Madre ini. Dua tahun kemudian film Madre rilis. Saya senang, bahwa akhirnya apa yang saya tulis bisa benar-benar terkabul. Beberapa bulan sebelumnya saya disuguhkan trailer singkat Madre. Saya memang tak mau terjerat oleh buaian trailer, namun sejujurnya dari trailernyapun Madre akan menjadi karya yang…. (mungkin) gagal.

026. Madrecap

Sebagai pecinta tulisan Dee wajar jika saya berharap banyak atas film Madre, sudah jelas saya menulis : Madre adalah cerita terbaik yang pernah gue baca sepanjang 2011. Lalu apa masalah film ini sehingga saya merasa kecewa?. Hal dasar dari pembuatan naskah film ini mungkin salah satunya. Merubah hampir 180 derajat dari drama ke (agak berbau) komedi adalah kesalahan (sekali lagi dalam kacamata saya). Saya berharap emosi yang meluap-luap tercipta di film ini, namun sekali lagi itu tak terjadi. Mungkin ada satu atau dua scene yang memang sesuai dengan imaji saya saat membaca buku.

Mungkin bagi penonton yang sama sekali tidak membaca bukunya, Madre adalah film yang menyenangkan dan memang saya bisa melihat unsur ‘menyenangkan’ di film ini tinggi, Vino bermain dengan kualitas akting yang lumayan baik, Laura Basuki yang menawan sebagai sosok wanita yang dilematis bahkan The Boys dan The Girls, sebutan Tansen kepada lima orang tua jompo yang menghidupkan Madre juga bermain cukup baik.

I feel emptiness, lack of emotions, untrustable dialog and dragging. However, the kitchen scenes always cheers the whole movie.[026/2013]

4 comments

  1. decungkringo · April 8, 2013

    sama, saya juga merasa kecewa melihat film Madre ini, ekspetasi pembaca sudah terlalu tinggi, hehehe
    belum lagi pemilihan tokoh dan karakter yang harusnya kuat menjadi lelucon saja didalam film ini.
    semoga Besok Supernova lebih baik dari film-film dee yang lain.
    Salam kenal buat Reviewer.
    ditunggu kunjungannya

    eh bisa baca juga tulisan ane soal film Madre juga loh.

    http://decungkringo.wordpress.com/2013/03/28/arti-lirik-lagu-viva-la-vida-cold-play-versi-gembiz-dan-ganesh/

    • djaycoholyc · April 11, 2013

      terima kasih udah mampir😀.

      • decungkringo · April 11, 2013

        sama-sama bung, hehehe….
        tetap terus menulis bung, hehehe di tunggu tulisan terbarunya, jangan lupa mampir juga di Blog ane ya bung, untuk bertukar pikiran hehehehe

Leave a Reply

