[Movie] 9 Summers 10 Autumns (2013)

040. 9Summers10Autumns
Title : 9 Summers 10 Autumns| Year : 2013 | Genre : Drama| Cast : Ihsan Tarore, Dewi Irawan, Alex Komang, Dira Sugandi, Agni Pratistha, Hayria Faturrhaman, Ence Bagus, Epi Kusdinar, Ria Irawan, Ade Irawan, Shafil Hamdi Nawara | Director : Ifa Isfansyah| Rate :

 Perhatian : Mungkin dari beberapa bagian di review ini mengandung spoiler

Kita tidak pernah tahu tujuan hidup kita di masa depan, apakah masih menjalani apa yang sedang kita jalani saat ini atau bahkan akan berubah 180 derajat. 9 Summers 10 Autumns adalah penggalan kisah sukses Iwan Setyawan yang diperankan apik oleh Ihsan Tarore, penyanyi yang kini lebih terdengar sebagai aktor. Ihsan bukanlah aktor yang buruk tapi juga bukan aktor yang sukses juga setiap memerankan peranannya. Tidak mempermasalahkan gesture-nya sebagai Iwan namun masalah logat yang entah mengapa cukup dipaksakan. Ihsan masih terlalu kental dialek Medan-nya, itu yang saya dengar ketika dia berperan sebagai anak desa di daerah Batu, Malang.

040. 9Summers10Autumnscap

Saya tak bisa semerta-merta menghakimi cerita yang terkesan datar dengan minim emosi dan intrik, namun 9 Summers 10 Autumns jelas memiliki kelemahan di titik tersebut. Saya mengharapkian lebih setelah membaca reaksi teman-teman yang terlebih dahulu menonton film ini. Namun kembali lagi bahwa film ini adalah adaptasi dari novel bahkan dari kisah nyata Iwan Setyawan, mungkin memang seperti itulah jalan hidup Iwan Setyawan yang (mohon maaf) terkesan nanggung dalam segala hal. Bagi saya, sukses tidak gagalpun tidak. Dan ini banyak terjadi di cerita-cerita anak kampung lainnya.

Tak banyak yang melewatkan kesempatan berdiam diri lama di Amerika dan lebih memilih untuk kembali ke tanah air dan menjadi penulis buku (?), namun kembali lagi itulah hidup. Tak ada yang pernah tahu arah tujuannya kecuali kita sendiri yag merancangnya dan Tuhan yang menentukan. Secara keseluruhan, 9 Summers 10 Autumns berhasil membawa visualisasi Malang dan New York dengan baik, Meski sangat disayangkan eksekusi cerita yang terkesan biasa saja, tak ada yang spesial buat saya. Oh mungkin satu hal, saya mendadak kangen Ibu. Itu saja. Saya tahu pesan film ini bagus, sangat bagus bahkan bisa dibilang film ini dibuat dari hati terdalam sang penulis, tapi buat saya kurang mengena.

Saya menyukai semua karya Ifa Isfansyah, kali ini Ifa sedikit kurang di bagian penulisan, namun tetap kuat di bagian penyutradaraan. [040/2013]

Leave a Reply

