Lee Daniels’ The Butler (2013)

003 The Butler

“Everything you are and everything you have, is because of that butler.” – Gloria Gaines

Sebuah rentetan kisah pilu, dramatis penuh keharuan sepanjang lebih dari 2 jam dipaparkan dalam kehidupan Cecile Gaines (Forest Whitaker), dia terbiasa hidup sengsara sebagai orang kulit hitam yang tinggal di Amerika sejak kecil. Masalah rasisme, hidup menderita karena dia berkulit gelap sampai saat dia remaja dan mendapatkan pekerjaan sebagai pelayan Gedung Putih di Washington. Bertahun-tahun dia bekerja keras demi hidup yang lebih baik bagi anak-anaknya Charlie (Elijah Kelley) dan Louis (David Oyelowo) serta istrinya Gloria (Oprah Winfrey). Hidup sebagai pelayan pribadi Presiden membuat Cecile sedikit tahu tentang apa yang sedang terjadi di negaranya.

Sementara itu, Louis anak tertua Cecile mempunyai cita-cita mulia dengan masuk ke ranah politik praktis, bergabung dengan Martin Luther King demi pengentasan masalah rasisme. Cecile tahu Louis bertindak gegabah namun ayah tetaplah ayah, dia memilah antara mencintai pekerjaan sebagai ‘budak’ kulit putih dan mencintai keluarganya.

Forest Whitaker adalah aktor yang mengerti bagaimana menghadirkan atmosfir “tidak enak” di The Butler ini. The Butler dibuat dengan sangat baik, rapih dengan timeline yang mudah dipahami. Kontender ajang penghargaan kelas dunia sudah pasti disematkan di film ini, apalagi Whitaker bermain sangat baik. Komposisi drama yang tidak membosankan meski durasinya panjang, apalagi diselipkan beberapa tokoh Presiden Amerika dengan sedikit kisahnya. Bagian JFK adalah bagian yang menurut saya menarik meski dikupas sedikit saja.

Secara keseluruhan bagian terbaik di film ini adalah ending, entah mengapa saat tahun 2008 itu saya merinding pada satu scene dimana Obama sedang berpidato dan Cecile diam-diam menangis.

003a The ButlerMovie Title/Year : Lee Daniels’ The Butler (203)

Genre : Drama

My Rating :

Cast : Forest Whitaker, Oprah Winfrey, Terrence Howard, Cuba Gooding Jr, Leny Kravitz, David Oyelowo, Elijah Kelley

Director : Lee Daniels

003/2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s