Birdman (or The Unexpected Virtue of Ignorance) (2014)

Riggan (Michael Keaton), aktor yang pernah memerankan superhero paling dipuja oleh masyarakat harus berusaha keras untuk kembali bangkit dari keterpurukan hidupnya sebagai aktor dan seorang ayah bagi anak gadisnya. Dia membuktikan kepada semua orang dan dirinya sendiri bahwa panggung Broadway adalah jawaban dari segala masalahnya saat ini.

8birdman

Title: Birdman (or The Unexpected Virtue of Ignorance) | Cast: Michael Keaton, Emma Stone, Zack Gallafianakis, Naomi Watts, Edward Norton | Director: Alejandro González Iñárritu  | Genre: Comedy, Drama

Saya sempat tertipu dengan judul “Birdman”, saya fikir ini adalah film superhero biasa. Dan kemudian mendapatkan beberapa referensi berita bahwa film ini dipuja kritikus dan digadang masuk Oscars 2015. Saya berfikir, tumben-tumbenan film superhero bisa dipuja kritikus dan bakal masuk Oscars 2015. Sampai detik akhirnya saya menonton film ini, saya membuktikan sendiri bahwa “Birdman” bukan film superhero namun jauh lebih dari itu. Film ini adalah film dengan tingkat absurditas yang menarik.

Entah mengapa, saya selalu suka dengan film-film yang memiliki cerita absurd dan bahkan tidak masuk akal, “Birdman” memberikan semua yang saya harapkan sebagai kemasan film komedi yang dicampur drama. Keaton mampu bermain dengan sangat baik. Namun, saya merasa bahwa masuknya Stone ke jajaran nominee pemeran wanita nampaknya agak berlebihan. Saya melihat effort Stone di film ini, namun belum cukup dalam katagori yang “wah”.

Well, aside of that. “Birdman” mampu membawa saya dalan absurduitas dan batas nalar yang jauh. Sebuah permainan karakter dan logika bagi Alejandro González Iñárritu sebagai sutradara dan penulisnya.

4.5/5

Leave a Reply

