Kapan Kawin? (2015)

Satu pertanyaan jutaan kemungkinan jawaban. Kapan Kawin? adalah representasi kehidupan metropolitan para manusia-manusia yang sudah mulai ada di titik kritis usia yang seharusnya menjalin rumah tangga. Hal itu dirasakan oleh Dinda (Adinia Wirasti), general manager sebuah hotel berbintang yang diusia 33 masih saja membujang. Tepat di hari ulang tahunnya, Dinda mulai merasa bahwa “paksaan” orang tuanya untuk segera mengakhiri masa lajangnya memunculkan ide konyol: Menyewa pacar bayaran agar saat pulang ke Jogja dia tak lagi menjadi bahan olok-olokan orang tuanya.

17kapankawin

Title: Kapan Kawin? | Release Date: 12 February 2015 | Cast: Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Adi Kurdi, Ivanka Suwardi, Febby Febiola, Erwin Sutodihardjo, Ellis Alisha  | Director: Ody C Harahap | Genre: Drama, Comedy

Kemudian formula dengan tema yang cukup basi menjadi jualan film ini. Namun berhasilkah? Bagi saya, Kapan Kawin? cukup baik dalam mengalirkan alur cerita dari awal sampai akhir. Tidak ada yang terkesan dipaksakan, semengalir akting Adinia dan Reza dengan chemistry yang luar biasa.

Terus terang saja, saya menurunkan ekspektasi film ini setelah banyak review yang menyatakan bahwa film ini adalah film bagus. Karena dari ekspektasi itu apalagi ditunjang oleh dua aktor besar Indonesia terkadang membuat saya ragu, apakah pernyataan mereka memang murni karena menyukainya atau berpura-pura atas “titipan” rumah produksinya karena diajak early screening.

Trailer Kapan Kawin?

Dengan joke-joke yang spot on dan terkesan tak sia-sia, Kapan Kawin? adalah film drama komedi yang lengkap dan tak membosankan. Ini adalah film Indonesia di awal tahun 2015 yang membuat saya tertawa lebar di bioskop dan kemudian merenung atas quote-quote yang ditampilkan dalam film ini.

Satu lagi, Ody C Harahap adalah spesialis sutradara film horror (yang rata-rata hasilnya mengecewakan), mungkin dengan Kapan Kawin? Ody mampu menjadi sutradara yang patut diperhitungkan jika pemilihan tema filmnya tepat.

4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s