Bulan Di Atas Kuburan (2015)

Tigor (Donny Alamsyah) dan Sahat (Rio Dewanto) tergiur dengan kesuksesan Sabar (Tio Pakusadewo) setelah dia tinggal dan bekerja di Jakarta, akhirnya dua pemuda kampung pinggiran Danau Toba ini nekat merantau demi sebuah cita-cita: Kesuksesan yang mampu membebaskan mereka dari jerat kemiskinan. Jakarta memang sebuah jawaban atas kesuksesan, namun ada yang dibayar mahal atas semua kesuksesan itu.

36bulandiataskuburan

Title: Bulan Di Atas Kuburan | Release Date: 16 April 2015 | Cast: Rio Dewanto, Donny Alamsyah, Tio Pakusaweo, Atiqah Hasiholan, Andre Hehanusa, Ria Irawan, Ray Sahetapy, Arthur Tobing, Annisa Pagih, Remy Silado | Director: Edo WF Sitanggang | Genre: Drama

Bulan Di Atas Kuburan ini adalah versi terbaru dari versi originalnya yang dirilis tahun 1973 karya Asrul Sani, ini adalah debut penyutradaraan Edo WF Sitanggang dan dia berhasil dengan sangat baik. Butuh penyesuaian besar untuk mentranslasikan film era 70an ke era 2000an, ada yang perlu ditambah dan mungkin perlu dikurangi.

Tema film ini sangat usang, sangat biasa bahkan sangat dasar. Sutradara manapun dapat mengeksekusi tema ini dan membuat film ini menjadi bagus, tapi di tangan kru-kru ini, Bulan Di Atas Kuburan bukan hanya bagus namun jauh lebih dari itu. Fondasi cerita yang kuat ditambah department akting yang jempolan adalah nilai lebih film ini.

Nilai lebih lain adalah Vicky Sianipar, orang jenius yang bisa menyampurkan musik dari tiga genre yang berbeda dan berkolaborasi apik dengan cerita: Musik tradisional Batak, Musik Klasik dan Musik Modern. Selain itu, Sinematografi film ini adalah yang terbaik.

Trailer Bulan Di Atas Kuburan (2015)

Mengenai plotnya, sepanjang 2015 baru kali ini saya menyukai plot yang begitu dinamis dan ciamik. Mungkin satu-satunya kelemahan adalah Adi Kurdi yang kurang cocok memerankan orang Batak secara aksen Jawa medoknya tetap terdengar. Saya lebih menyukai akting Rio Dewanto di sini ketimbang di Folosofi Kopi dan semua cast bermain dengan amat sangat bagus, bahkan untuk peran-peran kecil sekalipun. Film ini segmented, tapi worth to watch.

Bulan Di Atas Kuburan is the most sophisticated Indonesian movie I even seen.

3.5/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s