Mencari Hilal (2015)

Menentukan Hilal untuk sebagian besar rakyat Indonesia adalah hal yang sangat krusial. Bagi kebanyakan orang, Hilal adalah penentu apakah kita berlebaran besok atau lusa (Pada hari terakhir Ramadhan) dan setiap tahun penentuan hilal selalu memunculkan kontroversi. Maka, perjalanan mencari hilal juga menjadi sangat penting bagi Pak Mahmud, seorang pedagang yang juga ahli agama.

52mencarihilal

Title: Mencari Hilal | Release Date: 15 July 2015 | Cast: Dedi Soetomo, Oka Antara, Torro Margens, Erythrina Baskoro, Rukman Rosadi, Adi Marsono  | Director: Ismail Basbeth | Genre: Drama

Sebenarnya saya tidak tahu harus menulis review ini dari sisi mana, jika mengingat kembali scene by scene Mencari Hilal jelas yang timbul adalah perasaan getir yang terus merasuki hati saya. Ya, film ini sangat personal bagi saya. Merasa diberi cermin besar dan kemudian diberi label: ‘Lihat, Ini film tentang kamu dan ayahmu’. Hubungan personal saya dan ayah saya bisa dikatakan sama dengan yang dipaparkan di film ini.

Sang ayah merasa bahwa dia terlalu kecewa dengan anaknya yang tak mampu mengerti apa kemauan ayah dan sang anak merasa sangat kecewa dengan ayahnya yang terlalu mengejar surgawi tanpa melihat ke bawah, bahwa dia masih ada di dunia dan harus seimbang mengejar duniawinya juga.

Di beberapa bagian film ini saya merasakan merinding, getir, bahagia, gamang dan kemudian diajak berkontemplasi. Memang terkadang agama tidak semudah yang kita jalankan. Film ini bukan hanya tentang ayah-anak, tapi tentang toleransi.

Trailer Mencari Hilal (2015)

Dari sisi teknis, film ini mengutamakan satu hal: kesederhanaan. Akting yang sederhana dan dimainkan dengan baik oleh Dedi Soetomo dan Oka Antara, scoring yang sederhana yang membuat syahdu film ini, Jogjakarta yang sederhana menjadi background yang tepat untuk film ini. Bisa dibilang film ini adalah film festival yang komersil, masih bisa disaksikan penonton awam dan akan mudah disukai oleh mereka.

4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s