Battle of Surabaya (2015)

Sekitar tahun lalu saya melihat semacam teaser film animasi Indonesia yang bertema perang kemerdekaan, kemudians aya begitu menunggu sampai akhirnya Battle of Surabaya tayang. Dari ekspektasi tahun lalu yang tak berkurang, saya mahfum bahwa film animasi ini pasti akan ada kontroversi baik dari pecinta animasi sendiri atau penonton awam seperti saya.

60battleofsurabaya

Title: Battle of Surabaya | Release Date: 20 August 2015 | Cast: Reza Rahadian, Maudy Ayunda, Ian Saybani | Director: Aryanto Yuniawan | Genre: Animation, War

Terlepas dari cerita dan plot yang berantakan, salute yang teramat sangat untuk penggagas dan kru Battle of Surabaya yang visualisasinya bagus. Mau Gibli-style or whatever, film ini sudah bisa membuktikan bahwa industri animasi di Indonesia sebenarnya bergerak maju ke arah yang lebih baik.

Ending yang sama seperti Les Miserables, tapi masih bisa dimaklumi dan saat saya membayangkan film ini menjadi film live action ini jadi film yang mungkin luar biasa juga. Anyway, saya sering berfikir kapankah sineas Indonesia mempunya film side story dari sebuah sejarah bangsa, film ini menawarkan hal tersebut.

Trailer Battle of Surabaya (2015)

3/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s