Badoet (2015)

Dimulai dari pace yang lambat cenderung membosankan dan kemudian lambat laun menjadi salah satu film horror terbaik yang pernah dibuat oleh sineas Indonesia di tahun ini, bahkan mungkin direntang tahun 2000an. Badoet membawa kengerian baru dan harapan baru bagi saya untuk genre horror yang sudah tidak menjual pornografi di dalamnya.

78badoet

Title: Badoet | Release Date: 12 November 2015 | Cast: Daniel Topan, Christoffer Nelwan, Ratu Felisha, Aurellie Moeremans, Tiara Westlake, Ronny P Tjandra, Marcel Chandrawinata | Director: Awi Suryadi | Genre: Horror, Thriller | Rating: 3.5/5

Saat pertama kali project Badoet ini meluncur di media sosial, saya langsung tertarik dengan posternya yang luar biasa menarik. Kemudian tanpa melihat jajaran cast, trailer Badoet kembali menyita saya dan memutuskan untuk menontonnya saat rilis. Saya adalah orang yang sudah terlanjut skeptis dengan film horror Indonesia di era 2000-an yang mengandalkan wanita cantik, sexy dan setan yang ala kadarnya.

Saya memang tidak pernah tertarik untuk menonton film horror Indonesia sejak terakhir saya menonton beberapa tahun silam, bahkan tahun 2015 ini saja saya hanya menonton 4 film horror termasuk Badoet sendiri. Kembali ke filmnya, meski di 15-20 menit awal film ini dimulai dengan amat sangat membosankan dan dialog-dialog yang aneh, namun saat badut mulai muncul dan meneror di situlah saya mulai menutup mata saya dan membayangkan bahwa scene selanjutnya pasti ngeri.

Betul saja, ada satu scene yang membuat saya merinding parah (jika saya gambarkan maka akan spoiler). Selain di bagian cerita yang sebenarnya skripnya terlalu sederhana namun bisa diolah dengan baik, akting-akting pemainnyapun sebenarnya cenderung biasa. Namun toh film horror tidak perlu mengandalkan totalitas akting aktornya, yang penting believe enough buat penonton bahwa si aktor ketakutan hebat. Itu terjadi.

Untuk urusan sinematografi, Badoet punya kekuatan lebih di sini. Awi Suryadi kembali ke track yang sebenarnya dia kuasai seperti di film Claudia/Jasmine-nya. Cukup membuat saya percaya bahwa karya dia seharusnya memang patut diperhitungkan.

Trailer Badoet (2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s