Nay (2015)

Jika saja film semacam Nay ini bisa menarik banyak penonton di bioskop (angka penonton terakhir hanya 1800 orang yang menonton), pastinya perfilman Indonesia akan punya kualitas lebih dari segi manapun. Terkadang saya merasa beruntung bahwa saya selalu punya waktu untuk menonton film-film berkualitas meski sepi penikmat.

79FilmNay

Title: Nay | Release Date: 19 November 2015 | Cast: She Ine Febriyanti, Chinta Ramlan, Joko Anwar, Paul Agusta, Farishad Latjua, Niniek L. Karim | Director: Djenar Maesa Ayu | Genre: Drama | Rating: 3.5/5

Nay, seorang wanita tangguh yang bekerja sebagai selebriti tanah air yang memiliki masa lalu kelam sebagai anak dari seorang Ibu yang tergambar imaji di fikiran dia. Dalam perjalanan sepulangnya dari sebuah klinik, pergulatan batin, emosi dan pemaknaan hidup di jalani Nay sepanjang perjalanan itu. Dia adalah wanita yang terkadang ‘tersesat’ dalam masa lalunya, lalu bisa bangkit melawan ‘ketersesatannya’ menuju masa depan yang sebenarnya tak pernah dia tahu.

Banyak (semua) menyamakan Nay dengan Locke karena satu tema, satu karakter, satu mobil, dalam perjalanan semacam one-man-show. Tapi, bagi saya Nay masih lebih baik ketimbang Locke, mengapa? Mungkin karena yang diangkat adalah karakter wanita yang lebih sensitif dan rapuh sekaligus paling kuat mengeluarkan emosi.

Trailer Nay (2105)

 

She Ine Febriyanto berhasil membawa Nay ke dalam karakter yang sesekali dibenci namun disukai. Faktor ‘seniman teater’ mungkin adalah keuntungan Ine dalam membawakan Nay dengan baik. Bagi saya, Nay berhasil membawa kontemplasi tentang bagaimana hidup dan menghidupi diri sendiri melewati masa lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s