Gila Jiwa: the Movie (2016)

Tidak perlu muluk-muluk untuk bisa membuat film dengan genre mainstream terlihat luar biasa menarik. Gila Jiwa: the Movie adalah kumpulan 5 film dengan 5 genre yang berbeda dan digarap secara apik oleh 5 sutradara yang berbeda pula. Ini hal baru baru perfilman Indonesia. Bukan Omnibus, karena ada benang merah yang terjalin rapih di ending ceritanya.

025 GilaJiwa

Title: Gila Jiwa The Movie| Release Date: 07 April 2016 | Cast: Joshua Suherman, Jovial da Lopez, Shadira Marini, Hery Purnomo, Andre Hehanussa, Ayushita Nugraha, Fauzi Baadila, Feby Syah, Ade Irawan, Bagas Aldy, Tya Arifin, Dea Annisa, Tio Pakusadewo, Nagra Pakusadewo, Nuovo Herman, Ria Irawan, Julia Perez | Director: Ria Irawan, Julia Perez, Aming, Afgansyah Reza, Ade Paloh| Genre: Comedy, Horror, Action, Musical, Drama | Rating: 3.5/5

Gila Jiwa dimulai dari empat anak muda yang terobsesi membuat sebuah film yang anti-mainstream, mulai dari genre laga, komedi, horror, musikal dan drama. Dari semua itu disatukan, Gila Jiwa is insanely good, like so good movie. Bagaimana bisa 10 menit film horror di Gila Jiwa jauh lebih baik ketimban 90/100 menit film horror yang mengandalkan keseksian pemain utamanya? Gila Jiwa mampu menjawab itu.

Dan seolah-olah saya ingin memberikan nasihat kepada semua sineas untuk belajar bagaimana menulis skrip film horror dan men-direct selayaknya film horror a la Ade Paloh.

Kemudian di bagian komedi, ini adalah bagian terbaik dari Gila Jiwa. Amink jelas punya taste bagus dalam membuat film komedi menjadi film yang mumpuni. Komedi yang amat sangat jarang di film Indonesia. Dan kapan lagi kita bisa melihat Tio Pakusadewo bermain menjadi perempuan, kan?

Saya masih amaze bagaimana Ria Irawan mampu menulis dari awal sampai akhir skrip Gila Jiwa ini, dari semua segment yang terlemah adalah film laga garapan Julia Perez dan yang mungkin agak kurang nyaman disaksikan (meski sebenarnya kita bisa melihat ada percikan Moulin Rogue atau Chicago) di bagian musikal karya Afgan.

Ini adalah film yang sangat jarang di industri kita. Film menarik dengan eksekusi asyik.

Trailer Gila Jiwa: The Movie (2016)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s