Bid’ah Cinta (2017)

Film percintaan beda agama mungkin sudah terlalu banyak di perfilman Indonesia, namun jika ada film percintaan satu agama namun beda kepercayaan ini sangat jarang. Apalagi pembahasan perbedaan kepercayaan menjadi inti dari ceritanya. Jelas menohok banyak pihak.

bidah

Title: Bid’ah Cinta | Release Date: 16 March 2017 | Casts: Dimas Aditya, Ayushita Nugraha, Ibnu Jamil, Alex Abbad, Dewi Irawan, Ronny P Tjandra, Fuad Idris, Yoga Pratama, Ade Firman Hakim | Director: Nurman Hakim | Genre: Drama | Rating: 4/5

Intinya adalah sebelum keluar dari zona ‘beda agama’ ranah ‘yang satu agama’ saja masih banyak perdebatan antar satu mahzab dengan mahzab lain. Nurman Hakim mampu menuliskan cerita dengan sangat kuat, membahas dari Islam puritan sampai Islam KTP. Semuanya tertohok dan dibuat berfikir, apakah sebenarnya Islam kita sudah benar?

Dengan durasi yang cukup panjang tidak membuat Bid’ah Cinta kedodoran atau membosankan, semuanya packed dari awal sampai akhir. Dari semua pemain yang ada, Alex Abbad adalah bintangnya, dia sangat gemilang dengan karakter yang kuat di film ini.

from: youtube

Ada karakter Sandra, transgender yang rajin sholat. Mungkin ada alasan tertentu kenapa Nurman tidak mendetilkan atau membuat karakter ini memiliki scene banyak, tapi saya cukup terhenyak di satu scene dalam film ini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s