Banda: The Dark Forgotten Trail (2017)

Tak banyak film dokumenter Indonesia yang membuat saya kagum bahkan menyukainya. Tahun 2013 ada Noah: Awal Semula dan saya merasa sangat terhibur dan mulai percaya bahwa film dokumenter di Indonesia sudah mulai patut diapresiasi. Dan di 2017 ada Banda: The Dark Forgotten Trail.

banda

Title: Banda: The Dark Forgotten Trail | Release Date: 03 August 2017 | Casts: Reza Rahadian, Ario Bayu| Director: Jay Subyakto| Genre: Documenter| Rating: 4/5

Banda, gugusan kepulauan di Maluku yang mendadak sangat misterius di awal film ini. Saya dibawa ke Banda melalui visualisasi tingkat tinggi yang membuat eyegasm selama menontonnya. Narator– Reza Rahadian membawakan cerita dengan tegas dan tone yang sesuai dengan alur cerita dokumenter. Cerita awal mula Banda, konflik penjajahan bahkan sampai konflik yang membuat rakyat Banda harus hidup dalam situasi yang tak menentu saat itu.

Semua hal teknis dalam film ini sudah tidak diragukan lagi. Jay Subyakto sangat powerful dalam menyutradarai film ini, tanpa ragu saya bisa katakan bahwa film ini sangat dirkeomendasikan untuk disaksikan, apalagi di bioskop dengan layar lebar dan memanjakan mata. Visual yang stunning, cerita yang tak membuat bosan dan kita diajak berkeliling di Banda.

I made promise to myself. Suatu hari saya akan ke sana. Menikmati pemandangan Banda langsung dari mata saya sendiri.

Leave a Reply

