Maipa Deapati & Datu’ Museng (2018)

‘Hajatan’ besar dari tanah Makassar, film yang saya rasa memiliki budget terbesar untuk ukuran film daerah. Dari pertengahan tahun 2017 lalu judul Maipa Daepati & Datu’ Museng muncul, cerita legenda asli Makassar yang akhirnya diangkat menjadi sebuah film (yang nampaknya) kolosal dan (mungkin) akan berbeda. Inilah film daerah yang (pada awalnya) patut ditunggu.

02. MDDM

Title: Maipa Deapati & Datu’ Museng| Release Date: 11 January 2018 | Casts: Shaheer Sheikh, Fildzah Burhan, Hans de Kraker, Syahriar Tato, Zulkifli Gani Otto, Andi Noufah P| Director: Rere Art2tonic| Genre: Drama, Action | Rating: 1/5

Awalnya, saya berharap sesuatu yang menarik akan terjadi di film ini. Film yang menurut saya memiliki prestige tinggi karena akhirnya ada legenda di sebuah daerah selain Jawa yang diangkat dalam film yang megah. Jika melihat trailernya, semuanya pasti setuju film ini penuh ambisi dengan gambar-gambar yang serasa megah.

Dan kemudian saya menyaksikan film ini, kemarin. Speechless, 118 menit itu seperti tak berarti apa-apa kecuali setumpuk kekecewaan. Mereka (as in crew dan cast) hampir memiliki semua akses untuk menjadikan film ini luar biasa, sumber yang valid, semua materi dan instrumen yang sudah diberikan dengan leluasa, bahkan sepertinya memang tinggal eksekusi saja. Tapi kemudian mereka merusaknya dengan eksekusi setengah matang ditambah jajaran pemain yang nampak kurang percaya diri.

Apa mungkin para produser ini sudah cukup puas dengan hasil film-film mereka sebelumnya, sehingga merada tidak perlu mencari aktor/aktris yang jauh lebih mumpuni? Idealis boleh saja, tapi jangan lupakan pasar. Apalagi beban membawakan cerita legenda sebesar ini.

Dalam diri saya terdalam, saya ingin film ini sukses. Sungguh. Karena film ini bisa menunjukkan bahwa Indonesia itu kaya cerita menarik, legenda yang tak kalah dengan negara lain. Tapi kemudian dikecewakan dengan eksekusi  kurang serius ditambah visual efek yang seadanya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s