Film Biografi: 5 Terbaik

Film biografi, atau biopic (/ˈbaɪoʊpɪk/; singkatan dari biographical motion picture), adalah sebuah film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata. Film-film semacam itu menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah dan menggunakan nama asli dari karakter utama. – wikipedia

Perkembangan perfilman Indonesia terus menerus berubah dari genre satu ke genre lainnya. Dalam pertalian genre tersebut, ada film-film yang memang bertujuan untuk mengangkat satu atau banyak tokoh dari pahlawan sampai selebritis ke dalam rangkuman cerita yang dinamis meski tak semuanya sempurna.

Sebagai penikmat film Indonesia pemula yang tak tahu banyak tentang sejarah perfilman Indonesia pre-2000-an, saya mencoba memberikan sedikit pandangan tentang film biopik yang tayang di masa 2000-an saja.

Berikut 5 Film Biografi terbaik versi saya:

GIE

tertawa

Film garapan Mira Lesmana dan Riri Riza ini adalah tonggak dari film biografi di Indonesia awal 2000-an. Kolaborasi idelogi dan budaya pop tercampur dengan baik di film ini. Layak mendapatkan banyak penghargaan dan lumayan sukses secara komersial.

LASKAR PELANGI

laskar-pelangi_20180808_174724

Kembali dari Mira Lesmana dan Riri Riza, kisah anak-anak Belitong dalam menjalani hidup berdasarkan Novel berjudul sama karya Andrea Hirata. Bagi saya, filmnya jauh lebih baik ketimbang bukunya.

ATHIRAH

athirah-dan-ucu_F923D124DCC34D24A88254DC47ADC4BF

Masih dari Mira Lesmana dan Riri Riza, berdasar tokoh Athirah, Ibunda Jusuf Kala yang mengarungi kehidupan sebagai perempuan kuat yang mampu mengangkat harkat martabatnya sebagai perempuan, Istri dan Ibu. Powerful performance dari Cut Mini.

GURU BANGSA TJOKROAMINOTO

cokro

Reza Rahadian sebagai Tjokroaminoto adalah Reza Rahadian dengan kualitas yang tak diragukan lagi. Filmnya sendiri sangat kompleks namun dibawakan baik oleh Garin Nugroho sebagai sutradara. Diselingi beberapa lagu membuat film ini nyaman disimak.

3 SRIKANDI

3srikandi

Dian Sastro sempat digadang masuk ke film ini hingga akhirnya digantikan Bunga Citra Lestari, tapi buat saya filmnya tetap terbaik yang pernah ada. Biografi tentang 3 atlit perebut medali di ajang Olimpiade. Luar Biasa.

Sebenarnya masih banyak lagi film biografi yang digarap dengan baik, serius dan hasil di atas rata-rata. Dan saya berharap makin banyak film biografi dengan kualitas baik sekaligus sebagai pengingat bahwa ada manusia-manusia hebat yang layak dijadikan cerita dalam sebuah film yang berkualitas.

Tetap menonton Film Indonesia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s